Google
>

Selasa, 15 Juli 2014

Bagaimana cara membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina?...Tidak seperti ayam, bebek, angsa atau unggas lainnya yang bisa dengan mudah dibedakan kelaminnya...yang mana tini, yang mana tono, untuk memperkirakan atau menebak kelamin burung betina atau jantan tidaklah semudah binatang lainnya. Jangankan orang awam atau seorang pemula yang baru berniat memelihara burung, seorang peternak burung kenari kawakan yang boleh dibilang telah banyak makan asam garam dalam perburungan, belum tentu bisa menebak dengan tepat yang mana jantan dan yang mana betina, apalagi jika masih piyik.



Memang ada beberapa tips cara membedakan jenis kelamin burung kenari, setidaknya dengan panduan ini kita bisa sedikit meraba - raba jenis kelamin apa kenari yang sedang kita amati?!. Menurut pakar atau ahli berternak canary, dalam usia 3 atau 4 hari sejak menetas seekor anak kenari bisa diprediksi jenis kelaminnya dengan cara melihat pembuluh vena di bagian perutnya, jika alur pembuluhnya turun membentang ke bagian dubur, kemungkinan besar kenari itu jantan, sebab pada kenari betina pembuluh ini tidak akan kelihatan. 


Perbedaan kenari jantan dan betina lainnya adalah dengan melihat bentuk kepalanya, supaya lebih mendekati kebenaran, sebaiknya anda lihat saat kenari belum tumbuh bulu. Bentuk kepala kenari betina lebih bulat, sedangkan bentuk kepala kenari jantan lebih pipih dan datar. Ciri fisik lainnya adalah, mata kenari betina sedikit di atas paruhnya, jika kita amati dengan cara melihat lurus dari ujung paruh, berbeda dengan jantan yang lebih sejajar dengan paruhnya.

Dan ini ada tips satu lagi, kata Mang Epud yang sudah cukup lama beternak burung kenari, ciri fisik yang paling kentara untuk membedakan jenis kelamin burung kenari jantan dan betina adalah dengan melihat pentil di bagian duburnya, pentil jantan lebih menonjol dan tajam sedangkan milik kenari betina bentuknya munu'u...tentu saja hal ini bisa dilakukan pada kenari yang sudah cukup berumur, misalkan kenari umur 1 setengah bulan atau lebih. Semoga anda tidak salah pilih, jika niat anda ingin memelihara bakalan kenari jantan dengan harapan 4 atau 5 akan memiliki suara khas yang membanggakan, moga pilihan anda tepat. Tapi ingat, memaster kenari dengan suara master itu bukan perkara mudah, butuh kesabaran dan keuletan yang ekstra, tidak berbeda jauh dengan perasaan kesal saat kenari kita moulding,Merawat Kenari Rontok Bulu termasuk membosankan. Canary Master

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Canary Master. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Best Web Hosting.