Google
>

Rabu, 16 Juli 2014

Betapa kesalnya saat melihat burung kenari yang selama ini kita sayangi mengalami moulting atau mabung, bulu - bulunya rontok, dan yang menjadi masalahnya setelah berjalan lebih dari 3 bulan ternyata bulunya tidak tumbuh lagi atau tidak tumbuh dengan sempurna, dibeberapa bagian tubuhnya tetap saja botak tanpa bulu, tentu saja mempengaruhi nilai estetika...kenari favoritku kelihatan tidak indah lagi, kucel dan terkesan tidak terpelihara dengan baik. Saya bertanya - tanya apa Penyebab Bulu Kenari Rontok?

Setelah searching, saya menemukan beberapa jawaban Penyebab Bulu Kenari Rontok/Mabung/Moulting ini, dan saat ini telah berjalan 1 bulan lebih mepraktekan cara perawatan Canary Moulting, namun tentu saja belum terlihat hasilnya. Postingan ini sekedar berbagi buat anda yang mungkin pada saat ini canary favoritnya mengalami peristiwa yang sama, bulu kenari mabung dan tidak tumbuh - tumbuh.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab bulu kenari rontok, salah satunya tentu saja hukum alam atau siklus kehidupan, hal yang amat wajar dan biasa dialami hampir oleh setiap unggas, dan biasanya tidak membutuhkan waktu lama, sebulan atau bahkan kurang bulu - bulu kenari yang rontok akan diganti dengan bulu - bulu yang baru.

Ada beberapa penyebab bulu kenari rontok, mungkin dalam menjaga kebersihan sangkar kurang sempurna, lembab, hingga kutu atau tungau betah bersemayam diantara sela - sela sangkar dan menempel pada bulu burung, bakteri pada kulit atau infeksi jamur yang menempel pada kulit burung, atau burung betina yang terus terusan bertelur dan mengeram seakan - akan tanpa jeda.

Jika masalah rontoknya bulu kenari seperti hal di atas, cara perawatannya tidaklah terlalu ruwet. Selain memberikan suplai makanan yang banyak mengandung mineral,iodium dan vitamin E, dalam penanganan kesehariannya jangan disamakan dengan kenari yang sehat atau tidak mengalami mabung. Burung Kenari yang rontok jangan terlalu diumbar lama dibawah terik matahari, setelah dimandikan cukup 1 atau 2 jam diangin - anginkan kemudian tutup kembali dengan kodongnya dan tempatkan sedikit rada jauh dari kumpulan burung yang sehat / birahi atau gacor supaya tidak stress.

Beberapa makanan kenari yang dipercaya bisa membantu mempercepat pertumbuhan bulu sehabis rontok, tulang tiram atau tulang sotong serta sayuran berwarna hijau diyakini merupakan asupan makanan yang baik untuk kenari mabung.Kebutuhan kalsium dan iodium bisa terpenuhi dengan pakan diatas, dengan perawatan yang lebih sabar dalam kurun waktu 3 minggu akan terlihat bulu jarum yang siap mengganti bulu - bulu yang moulting, untuk mempercepat pemulihan kenari kesayangan anda, bisa ditambahkan makanan atau minuman khusus yang banyak mengandung mineral, fhospor, kalsium, kalium dan vitamin - vitamin lain yang bisa anda beli di toko khusus penjual pakan burung.

Jika telah lebih dari 1 atau bahkan 2 bulan lebih burung kenari anda tetap mengalami kebotakan, dan tidak ada tanda - tanda akan tumbuh bulu pengganti, ini pertanda burung anda sakit, atau kerontokannya diluar kewajaran. Selain faktor keturunan, induk atau bapaknya memang mewariskan sipat bawaan botak, mungkin juga si burung mengalami ganguan hormon, kekurangan nutrisi. Penanganan burung yang kekurangan nutrisi bisa anda berikan multivitamin secara berkala 1 atau 2 kali seminggu serta memandikan burung dengan memakai cairan anti kutu atau mencampurkan sedikit garam pada air untuk memandikannya.

Catatan, dengan mengetahui penyebab bulu kenari rontok, anda bisa melakukan perawatan yang tepat sasaran dan tidak buang - buang waktu dan tenaga, sebab ada beberapa burung yang kemungkinan besar karena faktor bawaan induknya atau bapaknya yang memang mempunyai tipikal kebotakan, walaupun anda telah berupaya jungkir balik berusaha untuk mengobati kebotakan pada burung kenari anda, canary pujaan hati tetap tampil culun karena bulu - bulunya tak tumbuh - tumbuh, hal ini saya alami sendiri dimana burung kenari saya telah hampir 1 tahun bulu di sekitar lehernya tetap gundul. Baca juga Merawat Kenari Rontok Bulu

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Canary Master. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Best Web Hosting.