Google
>

Kamis, 31 Juli 2014

Mengenali Ciri - Ciri Murai Batu/Medan yang Asli: Ada anggapan yang sulit untuk dibantah oleh para penggemar atau peternak Murai Batu bahwa jenis yang dianggap paling baik peformanya, jelas harga murai batu lebih mahal dibanding burung sejenis lainnya, si ekor panjang ini memang bisa dikatakan sebagai primadonanya. Burung yang berasal dari daerah Sumatera ini memiliki daya tarik tersendiri, disamping penampilannya yang terkesan gagah dan mewah, suaranyapun lebih unggul dibanding yang berasal dari pulau lainnya, seperti dari Kalimantan atau Semenanjung Malaysia.

Bagi kalangan awam mungkin cukup sulit untuk membedakan jenis - jenis murai yang memang banyak variannya, dengan berbagai sebutan berdasarkan daerah asal atau nama yang telah kadung populer. Seperti halnya Murai Batu Medan sebenarnya bukanlah asli habitat ibukota propinsi Sumut itu, pada awalnya sebenarnya burung ini tersebar hampir di seantero Sumatera, namun karena hampir semua penggila burung berkicau di Medan yang memiliki satwa jenis ini memilih si ekor yang menjuntai ini, akhirnya ada anggapan seolah - olah habitat ini asli Batak.


Bagaimanapun latar belakang sejarah atau kisahnya, yang jelas bagi penggemar burung berkicau Murai Batu Medan adalah salah satu favorit yang selalu mengisi ruang hati untuk melengkapi koleksinya. Untuk seorang pakar atau penghobi burung yang satu ini, yang telah cukup lama menggeluti dunia perburungan bukanlah hal yang sulit untuk membedakan atau mengenali antara Murai Batu Medan Asli dengan yang lainnya, tapi untuk seorang awam tentu bukanlah hal yang mudah.

Ada beberapa tips untuk membedakan Murai Batu/Medan Asli dengan varian atau Murai Batu Lainnya, diantaranya: panjang ekor bisa mencapai 30 cm, pada bagian ekornya yang berwarna hitam terselip srtp warna putih dari ujung ekor sampai pangkal membentuk garis horizontal yang tegas, jika sudah berkicau, suaranya lebih nyaring dan berisi serta seolah - olah menggema. source: wikipedia

Jenis Jenis Murai Batu:
Burung Murai Batu Cebu
Burung Murai Batu Kubur 
Burung Murai Batu Pejal 
Burung Murai Batu Putih 
Burung Murai Batu Rengkung Putih 
Burung Murai Batu Siul
Burung Murai Batu Tanah 
Burung Murai Batu Tarung
Burung Murai Batu / Burung Murai Rimba

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Canary Master. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Best Web Hosting.