Google
>

Jumat, 20 September 2013

Cara Berternak Burung Kenari:  Ternak kenari itu ternyata tidak sulit, tapi tidak bisa dibilang enteng juga terutama pada saat penjodohan antara kenari jantan dan kenari betina. Dengan mempunyai kesabaran yang lebih,  seseorang bisa sukses dalam budidaya burung kenari, tentunya termasuk anda. Jika pada saat ini anda baru berniat mengawali ternak kenari, tidak ada salahnya untuk terus melanjutkan membaca Cara Berternak Kenari dibawah ini.

Cara Menjodohkan Kenari Jantan dan Betina:
Untuk membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina piyikan/anak memang cukup sulit, walaupun begitu ada tanda - tanda fisik dalam membedakannya, diantaranya bentuk kepala kenari betina lebih bulat dibanding yang jantan, badan kenari jantan lebih tegap dan panjang. Tapi untuk anda yang tergolong pemula dalam memelihara burung kenari alngkah lebih mudah untuk memilih sepasang kenari yang sudah siap untuk dikawinkan, anda bisa membeli kepada kenalan yang cukup pengalaman dalam ternak kenari, dan pastikan untuk meminta jaminan bahwa kenari yang anda beli memang jantan dan betina yang siap diternakan.

Pada umumnya kenari betina umur 7 bulanan sudah siap untuk dikawinkan, sedangkan kenari jantan sekitar umur 9 bulanan. Jika terlalu muda, kemungkinan akan sulit dijodohkan, dan seandainyapun bisa, kemungkinan besar telurnya akan kosong/tidak ada bakal anak.

Persiapkan sangkar yang cukup besar minimal 45x45 dengan tinggi 60cm untuk tempat kenari betina sekaligus sebagai tempat pengeraman. Sangkar ditempatkan di tempat yang aman dari ancaman predator seperti tikus atau kucing. Sebaiknya sangkar ditempelkan di dinding yang aman dari jangkauan binatang lain, selain itu dengan ditempatkan di dinding sangkar tidak bergoyang - goyang yang bisa mempengaruhi proses pengeraman. Untuk menghindari gangguan semut, gunakan kapur semut disekeliling sangkar, serta tutupi setengah sangkar/tempat dimana burung mengeram dengan lakban atau karton supaya terhindar dari tiupan angin yang berlebihan secara langsung.




Proses Penjodohan / Menjodohkan Kenari.
Ada beberapa tahapan cara menjodohkan kenari, saat penjemuran antara kenari jantan dan betina digantang berdampingan biar bisa PDKT, mungkin maksunya untuk saling mengenal lebih jauh. Setelah 3 atau 4 hari coba satukan keduanya dalam 1 sangkar, lihatlah apa diantara keduanya nampak akur dan tidak berkelahi atau saling gertak, jika iya, tandanya telah berjodoh dan siap kawin. Tapi jika terus berkelahi, coba pisahkan lagi dan ulangi tahap - tahap seperti dijelaskan sebelumnya, mungkin salah satu diantaranya belum cukup birahi untuk dikawinkan.

Tanda - tanda kenari jantan yang siap kawin disamping terus gacor biasanya menabrak - nabrakan badannya saat melihat kenari betina, dan yang betina suka membungkukkan badannya seolah - olah minta dikawini. Jika tanda - tanda ini sudah terlihat, dan saat disatukan keduanya tampak memperlihatkan saling ketertarikan, persiapkanlah tempat untuk bertelur dan mengerami yang bisa anda buat sendiri atau membeli dari toko perlengkapan unggas/burung. Biasanya kenari betina langsung membuat dan merapikan serabut untuk tempatnya bertelur yang telah kita masukan kedalam sangkar.

Kenari biasanya bertelur 4 atau 6 butir, proses pengeraman biasanya berlangsung sekitar 14 hari, bila cuaca dianggap terlalu dingin, kita bisa memasang lampu 5 watt supaya proses pengeraman tidak terganggu. Saat pengeraman kenari jantan sebaiknya telah dipisahkan, disamping tidak mengganggu kenari betina yang sedang mengeram, hal ini dilakukan untuk mengembalikan stamina jantan supaya bisa dipersiapkan untuk dijodohkan dengan betina lainnya. Canary Master





0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Canary Master. Design by WPThemes Expert

Themes By Buy My Themes and Best Web Hosting.